Monday, March 14, 2011

Muammar ZA





H. Muammar Zainal Asyikin (lahir di Pemalang, 1955) adalah seorang hafiz (penghafal Al-Qur'an) dan qari (pelantun Al-Qur'an) asal Indonesia yang dikenal luas secara internasional. Ia pernah menjuarai MTQ tingkat nasional maupun tingkat internasional pada dasawarsa 1980-an. Rekaman pembacaan (tilawah) Qur'an secara duet yang dilakukannya bersama dengan H. Chumaidi hingga sekarang amat populer dan dianggap sebagai terobosan dalam cara presentasi tilawah.
Ia adalah anak ketujuh dari sepuluh bersaudara (hanya sembilan yang mencapai dewasa) anak pasangan H. Zainal Asyikin dan Hj. Mu’minatul Afifah, yang juga tokoh agama di desanya. Adiknya, Imron Rosyadi Z.A., juga mengikuti jejaknya menjadi qari nasional setelah menjuara MTQ; sementara adik bungsunya, Istianah, menjadi salah satu anggota DPRD DI Yogyakarta.
Muammar ZA menikah dengan seorang asal Aceh dan dikaruniai seorang putri dan empat putra. Semenjak 2002 ia mendirikan Pesantren Ummul Qura di Cipondoh, Tangerang, salah satunya adalah untuk mewujudkan cita-citanya mencetak qari dan qariah berkualitas internasional.
Dedikasinya yang tinggi membuatnya pernah menembus tebalnya hutan Kalimantan, lembah di Jawa Barat, hingga ke istana Sultan Brunei dan bahkan diizinkan masuk ke dalam bangunan Ka'bah.

Suaranya merdu dalam membaca Quran, dikirim ke berbagai penjuru bumi. Mulai dari lereng gunung, lembah, ngarai, sampai beberapa kota besar di dunia, bahkan ke dalam Ka'bah. suara merdu mengalun dari bawah tenda-tenda sederhana, lapangan-lapangan terbuka, sampai istana raja.
Malam baru saja dimulai, ketika sosok laki-laki yang masih terlihat muda untuk naik panggung dan duduk di kursi yang disediakan. Setelah ucapan suara rendah cenderung serak, pria ramping mulai membaca ta'awudz dan basmalah. Dengan mata setengah tertutup, perlahan-lahan, ia mulai dimasukkan ke dalam ayat-ayat suci stabil Al-Quran dengan irama bayati, membuka sebuah qiraah lagu-rendah kunci.
Perlahan tapi pasti itu suara naik, kadang-kadang bernada tinggi, rebound panjang. Di depannya, ratusan orang seperti terpesona, tersihir mendengarkan suaranya bernyanyi bangkit dan mengirama jatuh, seperti gelombang satu demi satu gelombang mendekati pantai. Sering kali, setiap kali alunan suaranya berhenti untuk menarik napas, puluhan kepala, seperti yang direalisasikan dari hipnotisme, segera menggelengkan kepalanya dengan takjub.
Dia adalah "legenda". Meskipun Musabaqah Tilawatil Qur'an rutin diselenggarakan di berbagai tingkatan, namun tidak ada yang seperti itu. Hampir semua Muslim Indonesia, terutama di daerah pedesaan, jika ditanya siapa yang paling terkenal Qari di Indonesia, jawabannya pasti ajib H. Muammar ZA
Suaranya merdu serta keindahan irama dalam membaca Al Qur'an itu begitu terkenal. Kelebihan ini juga mengantarnya ke berbagai penjuru bumi. Mulai dari desa-desa di lereng pegunungan, lembah dan tepi ngarai, sampai ke beberapa kota besar di dunia, dan bahkan mendorong dia ke dalam Ka'bah. Lantunan suara khas melayang, mulai dari bawah tenda yang sederhana, lapangan-lapangan terbuka, sampai istana raja. Dia tidak pernah mengambil pelajaran Anda di istana Raja Hasanah Bolkiah, istana Agong beliau tentang Malaysia, ke istana raja-raja di Jazirah Arab.
Dimulai pada Juli, Setelah Setelah mengunjungi orang Pemalang lahir di rumahnya di depan Masjid Al-Ittihad, jumlah Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Ayah dari empat putra dan satu putri sedang berbicara dengan renyah, diselingi tawa segar.
Riding Tandu
"Saya beruntung untuk anak-anak desa di seluruh dunia, dapat mengambil pelajaran Anda ketika jamaah wukuf di Padang Arafah dan pada malam hari di Mina. Bahkan, pada tahun 1981, saya diberi kesempatan untuk masuk ke dalam Ka'bah, "katanya emosi. "Wow, tidak bayangkan sebelumnya. Di Ka'bah Saya hanya bisa membungkuk, menangis. Aku tidak berani mengangkat wajahnya dan menatap langit-langit. "
Lebih dari 25 tahun, Muammar perjalanan, perjalanan yang katanya sangat menarik. Dalam undangan untuk menghadiri menilai, ia tidak pernah mencoba berbagai kendaraan, mulai dari pesawat pribadi, pesawat komersial, limusin, ojek, sampai tandu. daerah pegunungan Jawa Barat, katanya, yang paling sering dibuat ditandu. Sedangkan interior dirambahnya Borneo dengan glotok, ojek perahu mini yang mampu mencapai sungai kecil di pedesaan.
Suatu ketika, ceritanya, ia diundang untuk mengambil pelajaran Anda di beberapa tempat di daerah Garut. Qari yang masih terus mencari puluhan kaset pasal ini orang perjalanan-Bandung-Garut-Singajaya adalah kendaraan roda empat. Namun perjalanan berikutnya naik turun gunung harus ditempuh dengan ojek, dan akhirnya berjalan ke jalan.
Kelelahan setelah perjalanan yang panjang, akhirnya Muammar tidak mampu lagi berjalan. Komite untuk mengawal mengambil inisiatif untuk mempekerjakan penduduk desa untuk menandunya tiba dalam studi. Setelah berjalan selama empat jam, ia telah tiba. Dan yang membuat semangatnya bangkit lagi, ternyata, ratusan peserta masih setia menunggu kehadirannya.
"Sampai dalam studi 00:00, aku segera mengambil pelajaran Anda," kenang pangasuh Umm Al-Qura Pesantren, Cipondoh, ini. "Selesai mengaji, jam setengah dua terakhir, kami turun. Sampai di kota Garut pukul setengah delapan pagi. "
Tidak sekali atau dua kali perjalanan seperti itu terjadi. Belum lama ini, untuk kesekian kalinya, Muammar undangan untuk menghadiri Cianjur selatan, Cikendir daerah, yang juga harus dilalui dengan berjalan kaki selama berjam-jam di jalan berlumpur. Kembali, dia lelah. Dan akhirnya, sekali lagi, ditandu. Dia tidak pernah memilih tempat atau Pengundang. Bagi dia, untuk waktu, dan kondisi fisiknya memungkinkan, ia akan senang untuk hadir. Dari koceknya dia membayar sekitar 500 ribu ke panduan.
"Tujuan saya hanya berdoa," kata Muammar dengan rendah hati. "Istana, aku pergi. Setiap desa terpencil, saya kunjungi. "
Ia yakin, ia bisa terus pelajaran. Dan abadi sebagai karirnya terus hari ini, antara lain, berkat doa-doa orang-orang yang tinggal di desa-desa terpencil dan pegunungan bahwa mereka pernah menghadiri. "Mereka benar-benar tulus, baik dan jujur," katanya tulus.
"Bayangkan, untuk menghadiri instruksi saya, mereka harus berjalan puluhan kilometer. Bahkan ada membawa perbekalan dan kompor, dan masak dalam perjalanan. "
Dalam perjalanan ibadah ini juga, Muammar pernah mengalami kecelakaan lalu lintas di daerah Cirebon oleh tahun 1990. Mobilnya hancur dan dia terluka parah. Cukup lama ia harus tinggal di rumah sakit. Saat itulah Muammar merasakan kedekatan dengan para ulama yang bergiliran untuk mengunjunginya. Tidak belajar pelajarannya, setelah sembuh ia kembali untuk menjelajahi pelosok tanah air, untuk menyanyikan kata-kata Tuhan.
Sejak Muda
Walaupun masih terlihat cukup muda, Muammar ajib tahun ini pada usia 51 tahun. Ia dilahirkan di Dusun Pamulihan, Warungpring, Kabupaten Mudah-mudahan, sekitar 40 kilometer selatan dari ibukota Kabupaten Pemalang, dari pasangan H. Zainal Asyikin dan Hj. Mu'minatul Afifah, ulama dan tokoh masyarakat di desanya. Muammar adalah anak ketujuh dari sepuluh bersaudara. Namun, hanya sembilan yang masih hidup. Kemudian, adiknya, Imron Rosyadi ZA, juga mengikuti jejak-Nya ke dalam Qari nasional setelah menjuara MTQ. kakak Bungsu, Istianah, kini menjadi salah satu DPRD Yogyakarta.
Muammar tahu qiraah sejak muda. Ia berasal dari keluarga Qari. Ayah dan saudara-saudaranya yang dikenal suara merdu. Sang ayah adalah pejabat di masjid desa, yang setiap akhir malam tarhiman nyanyian, doa dan berkat untuk membangunkan orang untuk mendirikan salat Subuh.
Sebagai seorang anak, dia, dengan teman-temannya, belajar seni membaca Al-Qur'an dari teman lain yang lebih besar, kesempatan untuk menguasai beberapa lagu. Selain qiraah Muammar mulai keranjingan, studi yang serius kakaknya, Masykuri ZA Namun karena kakaknya tinggal di sebuah sekolah asrama cukup jauh dari desa, sebuah pelajaran baru akan meningkat jika Masykuri pulang saat liburan. Namun bakat Muammar mulai muncul. Pada tahun 1962, ia memenangkan MTQ tingkat Kabupaten Pemalang untuk tingkat anak-anak, mewakili sekolahnya.
"Pada waktu itu aku masih mengenakan celana pendek saat mengaji, he he he," kenang Muammar. Sekitar tahun 60-an awal, suara dan lagu itu sudah baik, meskipun masih terbatas pada surat hafalan. Dia telah mulai diundang untuk membacakan pada peristiwa atau pengantinan penggajian di lingkungannya. Dan lucunya, ayat yang berbunyi itu-itu saja. Ketika adiknya pulang dari sekolah asrama, maka ayat hafalan dan meningkatkan lagu.
Setelah SD, Muammar telah nyantri di Kaliwungu, Kendal, sebelum melanjutkan ke PGA di Yogyakarta. PGA selesai, ia juga belajar di IAIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta. Di Kota Gudeg, ia terus bermain peran mereka dalam bidang seni membaca Al Qur'an. Muammar mengikuti MTQ tingkat provinsi DIY yang diselenggarakan oleh Radio Suara Jokja 1967. Dia berhasil memenangkan hadiah pertama untuk tingkat remaja. tahun berikutnya, Muammar ikut lagi dan lagi juara. Tahun yang sama, ia mewakili tingkat nasional MTQ DIY berpartisipasi di tingkat pemuda Senayan, tetapi dia tidak menang.
Sejak itu, Muammar menjadi pelanggan reguler di DIY kontingen MTQ Nasional,, 1972 1973, dan seterusnya. Pada tahun 1979, ia bahkan terpilih menjadi anggota kontingen Indonesia dalam haflah, semacam MTQ internasional, yang diselenggarakan di Mekah. Judul Pertama nasional dalam MTQ mencapai Banda Aceh pada tahun 1981. Kali ini ia mewakili eksekutif. Muammar yang saat itu kuliah di Universitas Al-Ilmu Quran (PTIQ), Ciputat, mendapatkan hadiah dari televisi. Pemerintah Provinsi DKI sendiri dan kemudian memberikan hadiah bonus tambahan, ibadah haji.
Namun, tidak seperti karir di bidang tarik suara, dalam pendidikan Muammar mengakui kurang berhasil. Kuliah hidup PTIQ tesis tidak selesai. Pada waktu itu, kata Qari, ada perubahan yang agak tiba-tiba dalam peraturan. Jika persyaratan ujian esai asli adalah lima juz hafal Al-Quran, tiba-tiba berubah menjadi 30 bab. "Yah, aku belum siap," kata Muammar jujur. Namun demikian, unik, setelah menjadi juara nasional dan Qari internasional, ia benar-benar diminta untuk mengajar di sana.
Tidak pantang
Ditanya tentang rahasia suaranya, suami Syarifah Nadiya serius mengatakan tidak memiliki resep rahasia. "Dalam hal-hal seperti itu, saya cenderung rasionalis," kata Muammar. "Saya tidak benar-benar percaya pada hal-hal begituan, seperti tidak boleh makan ini dan itu, harus tidur yang cukup, atau harus tidur pada jam ini. Bahkan, aku jarang tidur cukup, apalagi sebelas hari ini aku selalu pulang lebih awal. "
Ia juga mengakui, meskipun setelah ikutan pernah mencoba, tidak berani pergi gurah. "Saya tidak berani datang," katanya. "Terutama bisbol dengan jelas. Karena, satu-satu benar-benar merusak pita suara. Jika hanya lega, mungkin ya. Tapi kalau dipaksa keluar tenggorokannya saraf begitu terakhir, apakah Anda bahkan sehingga penyakit, he he he. "Sebenarnya, kata Muammar, jika Anda memahami prosedur yang benar dan menerapkan wudhu, juga telah menjadi gurah. Misalnya ketika istinsyaq, memasukkan air ke hidung dan menarik kembali keras.
Menyinggung bagaimana trik untuk menjaga suara, Qari pernah diundang untuk mengambil pelajaran Anda di istana penguasa Hasanah Agong Malaysia dan Sultan Bolkiah, Brunei, telah mengakui hanya menyerahkan diri kepada Tuhan. "Tujuan saya akan bacaan Al-Qur'an dengan lillaahi ta'ala, 'Ya Allah, tolonglah aku'." Tapi yang pasti, setiap bangun dia selalu lakukan pemanasan, pemanasan, dengan rengeng-rengeng, menggumamkan nada bacaan. Demikian juga, ketika akan mengambil pelajaran Anda. Dia pikir ini penting, untuk menghindari kejutan.
Tidak seperti banyak penyanyi yang memiliki tabu, terutama makanan dan minuman, Muammar menyantap hampir semua makanan dan minuman yang ia suka. Bahkan, makanan favoritnya adalah sambel, sayuran segar dan ikan kering, yang selalu harus berada di meja makan.
"Saya hanya memastikan, ketika saya ingin Qur'an, kondisi fit tubuh saya," katanya, berbagi resep. "Saat itu, kunci yang paling penting adalah untuk mengambil pelajaran Anda dengan ketulusan dan perasaan bahagia."
Untuk Muammar, menilai ketulusan dan kesenangan itu menjadi hiburan sendiri dan kenikmatan. Jadi, tidak mengherankan, setiap kali membaca ayat-ayat suci Al-Quran, ia tampak begitu menyenangkan. Kadang-kadang mata setengah terpejam, saat ia menggelengkan kepalanya. "Pada dasarnya saya mendengarkan diri saya, karena pada dasarnya aku suka." Itu, katanya, memungkinkan dia untuk membaca setidaknya setengah jam, ketika di kota. "Karena mereka tidak sering melihat saya. Tetapi jika di luar kota, khususnya di luar Jawa, saya mendapatkan satu jam, bahkan lebih. "
Dalam satu hari ia biasanya mengambil pelajaran Anda di 3-4 tempat. Di beberapa tempat, ia juga kuliah kadang-kadang, biasanya kalau mubalignya tidak datang. Hal ini juga menilai membawa kepada istri tercinta, saat jantung idola yang dinikahinya pada tahun 1984 sedang duduk dalam komite-komite dari studi di Kemanggisan. Buah perkawinan dengan seorang wanita berdarah Aceh sekarang telah sebagian remaja. Lia Fardizza, putri sulung yang tidak pernah belajar untuk Qari Syekh Abdul al-Mishri Kholil, Qari dari Negara Piramida, kini menginjak semester ketiga di London School, jurusan bahasa Inggris. Sejak TK, Lia adalah tergila-gila dengan bahasa internasional, terlihat dari hobinya membaca buku komik dalam bahasa Inggris. Kemudian dia juga suka menyanyikan lagu-lagu Barat. Tidak mengherankan, dialek yang diucapkan, menurut Muammar, cenderung ke Amerika.
Anak-anaknya, Ahmad Al-Banna Syauqi, sekarang duduk di kelas tiga sekolah tinggi, Adib al-Hasyim Husnul kedua sekolah SMP kelas tinggi, Raihan Al-Bazzi, kelas 4, dan yang bungsu Yua'yyan Ammar Al-Dani, kelas tiga SD. Di antara lima anak, tiga di antaranya mewarisi keindahan suara sang ayah adalah, Lia, Raihan, dan Ammar. Namun, karena keterbatasan waktu dan Muammar sibuk, ia mengakui, potensi anak-anak mereka yang belum dimanfaatkan.
Menurut dia, Qari yang baik itu harus memiliki suara yang bagus, napas panjang, penguasaan lagu, dan dialek yang baik. Dan, membentuk dialek tidaklah mudah. Orang Jawa, misalnya, akan sangat sulit untuk mengatakan ba huruf 'dengan benar. Dia sendiri mengaku cukup lama mempelajari dialek Al-Quran dengan dialek perhatian-Qari Qari Mesir, Arab dan daerah Timur Tengah.
Sebuah Qari lokal yang baik, menurut Muammar, biasanya berasal dari pesantren kebetulan Qari Al-Quran juga merupakan pengasuh berkualitas. Hal ini karena kiai biasanya memiliki kelengkapan ilmu qiraah dan kepekaan, ia juga dilengkapi dengan belajar sains qiraahnya tajwid, huruf makharijul (pengucapan huruf ilmu Quran), dzauq (rasa bahasa), dan sebagainya.
Dari Pedesaan
Karena itu, sejak empat tahun Muammar memulai pembangunan sebuah sekolah asrama di daerah Cipondoh, yang disebut Umm Al-Qura. Karena Qari, dia bercita-cita menyebarkan tradisi qiraah ini melalui pesantrennya ini, sebagai kontribusi terhadap bangsa. "Jika izin Allah," kata Muammar, "Aku ingin mencetak Muammar-Muammar baru." Melalui lembaga yang sama, ia mengharapkan, seni membaca Qur'an lagi akan dicintai dan dikagumi oleh Muslim.
Muammar bercita-cita untuk membangun sebuah lembaga pendidikan yang komprehensif, mulai dari TK, SD, SMP sampai SMA yang memiliki nilai plus, Quran. Dia berharap untuk melengkapi ilmu santrinya kelengkapan dengan Al Qur'an, baik tajwid, qiraah, dasar-dasar penafsiran, serta (bacaan Al-Quran) Tahfidz nya. Paling tidak, target menyelesaikan sekolah dasar atau sekolah SMP siswa akan dapat membaca Al Qur'an dengan lancar, baik dan benar.
"Terutama dengan lingkungan di mana pondok pesantren, setidaknya mereka akan memiliki pegangan hidup." Pada tahap awal, telah membangun sebuah mesjid, ruang baca, dan dua bangunan asrama. Di masa depan ia ingin membangun sebuah sekolah formal yang pertama dan kemudian akan diasramakan. Namun, karena dana terbatas, sedangkan perkembangan ini terhambat Umm Al-Qura Pesantren.
22 Juli diadakan kemarin di tingkat Gorontalo Seleksi Tilawatil Qur'an nasional. Namun, tidak seperti pada dekade 80-an, acara empat-tahunan yang diselenggarakan untuk merekrut bibit baru dan qariah Qari menhafal dan Quran dan Quran berbasis misionaris ternyata tidak lagi memiliki resonansi. "Akhir-akhir ini, memperdalam semangat seni untuk membaca Quran di masyarakat kita memang cenderung mengalami penurunan," kata Qari pernah diminta untuk membaca Quran saat wukuf di Padang Arafah. "Selain itu, cinta dari Quran."
"Akhir-akhir ini, perhatian orang, khususnya kaum muda, lebih dikhususkan untuk kontes musik yang lebih menarik," kata pemimpin 51 tahun itu kesal. "Sementara MTQ, kemasan ini tidak pernah berubah." Dia merindukan, MTQ ke depan gereget dan akan memiliki resonansi yang besar, seperti pada waktu periode pertama.
Selain itu, mengoptimalkan peran Muammar juga mengharapkan lembaga resmi didirikan untuk mengembangkan seni baca Quran, Quran Lembaga Pengembangan Tilawatil. Idealnya, lembaga-lembaga ini tidak hanya sibuk menjelang pelaksanaan STQ atau MTQ, atau menjaring bahan jadi, tetapi intensif dan konsisten menggali dan mengembangkan benih kita dari tingkat dusun. "Selama ini, bukan hanya bacaan juara datang dari banyak desa, yang ekonominya kurang baik ...."

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Kang Iwan K-sev | Thank's for your visit To My Site - Ridwan Mulyana | Cibeureum